Pengenalan Codeigniter

Apa itu Codeigniter

Codeigniter adalah framework PHP yang dapat mempercepat proses pengemabangan suatu aplikasi / project PHP.

mengapa menggunakan codeigniter?

Alasannya sederhana karena dapet projekannya make code igniter :p. sebelumnya saya tidak pernah menggunakan framework PHP, meskipun saya pernah mencoba framework php yaitu zend tapi sekedar coba-coba saja.

dan saat saya menggunakan Code Igniter kesan saya adalah ukuran filenya tidak terlalu besar, strutur MVCnya mudah saya fahami dan yang penting basis komunitasnya lumayan besar. jadi saat saya mengalami kesulitan saya buka browser dan googling maka dengan mudah saya menemukan pembahasan code igniter tentang masalah dan solusinya.

untuk mendapatkan Codeigniter yang perlu anda lakukan pertama kali adalah download Codeigniter di URL https://ellislab.com/codeigniter/download

Selanjutnya adalah extract codeigniter tadi dalam folder project anda. Disini saya menggunakan folder project bernama belajarcode.

letakan folder Codeigniter anda pada directory HTDocsnya XAMMP Selanjutnya adalah extract codeigniter tadi dalam folder project anda. Disini saya menggunakan folder project bernama belajarcode.
Selanjutnya adalah buka browser anda dan masukkan http://localhost/belajarcode/, maka anda akan mendapatkan tampilan sebagai berikut.

welcome_ci
Ok cukup sampai di sini dulu ya gan. Terima kasih…

Artikel ini diadopsi dari artikel di harviacode dengan beberapa penyesuaian.

 

Leave a comment